Archives
Categories

Tanaman Bawang Putih sebagai Pestisida Alami

Tanaman bawang putih yang selama ini kita ketahui sebagai bumbu masakan ternyata dapat dijadikan alternatif lain sebagai pestisida alami jenis insektisida. Selain mudah dicari, harganya pun relatif murah sebab yang dipergunakan yaitu umbi bawang putih yang saat ini kurang dalam penggunaanya selain untuk bumbu masak.Jadi secara tidak langsung kita bisa menggembangkan manfaat dari tumbuhan bawang putih.

Tidak hanya itu, zat allisin dan diallil sulfida yang terkandung dalam bawang putih ini cukup mematikan bagi beberapa jenis ulat perusak daun dan buah seperti ulat Heliothis armigera hubner hal ini didukung oleh pendapat Rukmana(1995). Allisin dan diallil sulfida ini juga merupakan bahan yang mudah diestrak dengan menggunakan pelarut air biasa dan bersifat racun kontak yang akan bekerja baik jika terkena atau kontak langsung terhadap sasaran yaitu pada pada bagian tubuh ulat Heliothis armigera hubner.

Selama ini,ulat Helothis armigera hubner merupakan musuh besar bagi petani terutama petani tomat. Sebab ulat ini dapat mematikan hasil panen dengan cara menyerang tanaman tomat pada daun tanaman serta buah yang masih muda.Sehingga petani mengalami kerugian yang sangat besar karena tidak dapat panen sesuai harapan serta bisa menghambat pertumbuhan yang tidak optimal pada tanaman tomat.Maka dari itu, pembasmian menggunakan pestisida sintesis yang menjadi jalan utama bagi petani untuk mengatasi masalh itu semua.

Umumnya meraka tidak tahu bahwa umbi bawang putih mampu mengatasi

atau menggantikan pestisida alami yang sering mereka gunakan. Padahal, sebenarnya kadar Allisin dan diallil sulfida cukup layak dikembangkan sebagai jalan menuju pertanian organikyang kian mengelobal tanpa harus mencemari lingkungan.Jadi pestisida hayati alami umbi bawang putih dapat membasmi ulat Heliothis armigera hubner yang mengandung bahan zat allisin dan diallil sulfida yang menyerang tanaman tomat, karena mengandung zat allisin dan dialil sulfida yang dapat bertindak sebagai bahan yang dapat menganggu sistem hormon didalam tubuh ulat Heliothis armigera hubner. Zat allisin dan diallil sulfida bersifat sistematikyang dapat menyerap dan ditranslokasikan keseluruh bagian tanaman yang disemprot.Sehingga dapat meracuni sekaligus mengganggu seranga.Setelah beberapa hari zat allisin dan dialil sulfida terurai oleh faktor alam.Sehingga tidak meracuni lingkungan.

One Response to “Tanaman Bawang Putih sebagai Pestisida Alami”

Leave a Reply